Flu Kuda (Equine Flu)Tewaskan 43 Kuda di India

Posted by Author 0 comments
Meski India bebas dari influensa A/H1N1, penyakit hewan lain yang dikenal dengan "Equine Flu" atau flu kuda telah menewaskan 43 ekor kuda di negara bagian barat India, Rajasthan dan Gujarat, demikian laporan harian Hindu Danik Bhaskar, Sabtu.

Berdasarkan laporan laboratorium di Hissar, Haryana di India utara, dibenarkan bahwa kematian hewan-hewan itu disebabkan equine flu yang juga disebut flu kuda. Kematian pertama terjadi Januari lalu di Gandhinagar, Gujarat. Sekitar 15 ekor kuda tewas akibat penyakit itu bulan lalu.

Untuk mencegah wabah penyakit itu meluas, pemerintah Gujarat memutuskan melarang membeli dan menjual kuda di negara bagian itu. Di Rajasthan, 25 kuda tewas pada sebuah pameran di daerah Jodhpur.

Equine flu disebabkan oleh virus influansa A yang endemik pada kuda. Virus ini bisa berpindah ke jenis hewan lain dan menular pada manusia.

Equine flu ditandai dengan sangat tingginya penularan di antara kuda, dan mempunyai masa inkubasi relatif singkat, yakni satu sampai lima hari. Kuda yang terserang flu ini dilanda gejala demam, batuk kering dan keluar lendir dari hidungnya.

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed