Metode money online untuk blogging

Posted by Author 0 comments
Metode money online untuk bloggingBanyak metode menghasilkan uang lewat blogging, untuk memilih mana yang cocok dan terbaik untuk blog kita, anda perlu mengetahui apa saja metodenya dan pelajarilah satu-persatu dan setelah itu tentukan mana yang cocok dan terbaik untuk blog kita. Sulit untuk menentukan mana yang terbaik untuk blog kita, namun ada beberapa yang menjadi favorit para blogger.

Disini saya sajikan klasifikasi metode money online untuk blog antara lain:

Metode Advertising

  • Contextual Ads
    Ini adalah metode Pay Per Click (PPC) atau Cost Per CLick (CPC) ads system berdasarkan content blog, contoh seperti Adsense, YPN. Metode ini sangat bagus untuk niche blog, apabila blog kita bukan niche blog, maka metode ini tidak akan bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan karena Ads yang ditampilkan akan tidak relevan dengan content blog kita. Misalnya blog kita isi contentnya tentang macam-macam hal, maka kemungkinan ads yang muncul juga akan macam-macam, artinya tidak terfokus pada satu topic (bukan niche blog). Tapi kalau blog anda isi contentnya tentang auto mobil maka ads yang muncul dapat dipastikan pasti ads tentang auto mobil. Inilah yang dimaksudkan dengan Ads sesuai dengan konteks content blog kita.

  • Non-contextual CPC ads
    Pada metode ini Ads ditampilkan tidak berhubungan dengan konteks content blog kita, contoh seperti Chitika’s eMiniMalls.

  • Impression-based ads
    Untuk jenis metode ini kita hanya akan dibayar berdasarkan " jumlah pengunjung yang melihat Ads yang ditampilkan". Misalnya ditentukan per 100 orang pengunjung yang mengklik dan melihat Ads yang ditampilkan akan dibayar sekian dollar. Metode ini sangat cocok digunakan untuk blog yang trafic sangat tinggi. Contoh metode ini adalah Fastclick dan Tribal Fusion.

  • Text Ads
    Metode ini adalah sebuah Text-Link yang dipasang didalam blog kita yang kita jual sebagai "text-link ads programs", misalnya seperti AdBrite, Text Link Ads, dan Bidvertiser. Program ini akan menjual text-link kepada sekelompok advertiser tertentu yang kita kehendaki sehingga kita dapat mengontrol Ads atau iklan apa yang akan ditampilkan di blog kita dan berapa harga yang kita kehendaki.

  • RSS Ads
    Program ini akan menampilkan Ads atau iklan melalui RSS Feeds. Program ini hanya ditawarkan kepada blog yang mempunyai sejumlah trafic, impression dan subscribers tertentu. Jadi kalau jumlah trafic, impression dan subscribers blog kita masih rendah, kemungkinannya kecil sekali bisa ikut program ini. Pada saat tulisan ini saya buat Google baru meluncur program Ads for Feeds pada pertengahan bulan Agustus 2008.

  • Pay Per Play
    Pada saat artikel ini saya tulis saya menemukan sebuah metode baru yaitu Per Per Play yaitu kita mereferensikan pengunjung untuk mendengarkan iklan hingga selesai dan kita akan dibayar. Untuk Per Per Play ini saya cenderung mengklassifikasikannya kedalam metode Advertising.

Sponsorship
Blog yang telah mapan (established) dan mempunyai trafic yang sangat tinggi mempunyai peluang untuk mencari sponsornya sendiri. Bentuk Niche Blog mempunyai peluang sangat besar untuk mendapatkan sponsorship dari produk tertentu. Ads yang dipasang di blog kita biasanya berbentuk banners, text-links, buttons, or newsletters. Misalnya blog kita tentang camera, maka ada kemungkinan besar akan mendapatkan sponsor dari Nikon dan Kodak. Bentuk lain yang masih dikelompokkan dalam metode ini adalah apa yang disebut dengan sponsored posts. Biasanya si blogger akan diminta dan dibayar untuk menulis topic tertentu tentang product sponsor dan di posting di situs sponsor itu sendiri.

Affiliate Programs
Perusahaan Affiliate program akan memberikan komisi tertentu kepada kita apabila kita merefrensikan calon pembeli ke situs mereka dan membeli produk yang dijual. Beberapa perusahaan Affiliate program yang terkenal adalah Amazon, eBay, Linkshare, Commision Junction. Ikut partisipasi program affiliate ini memerlukan usaha atau kerja keras, karena kita harus juga bisa merefrensi (jika perlu membujuk) agar pengunjung untuk membeli produk yang dijual.

Selling Blogs
Blog yang telah sangat mapan (well established) dan menghasilkan banyak uang bisa ditawarkan atau dijual dengan harga tertentu. Sebagai contoh adalah Weblogs. Inc yang dijual kepada AOL dengan harga $25 juta (baca : dua puluh lima juta dollar amerika), dan ada beberapa blog juga berhasil dijual lewat lelang di eBay dan SitePoint.

Donation
Bentuk donasi ini biasanya jarang menghasilkan uang yang banyak. Harapan ditumpukan kepada pembaca atau pengunjung yang loyal dari blog itu sendiri. Metode sering kia jumpai di situs-situs organisasi sosial atau komunitas sosial.

Merchandising
Blogger-blogger yang telah mempunyai nama besar dan mempunyai fans yang banyak bisa menjual produk mereka sendiri, misalnya T-Shirt, Gelas atau Mug dan Stiker bergambarkan merk atau brand mereka sendiri.

Paid Subscriptions
Menulis dan menjual content blog kepada pemilik blog lain juga bisa menghasilkan uang. Tapi metode ini jarang berhasil, sebab sudah banyak situs-situs yang menyediakan artikel gratis, bisa dicopy dan bebas dipublikasikan.

Blog Networks
Cara ini ada 2 metode yang bisa ditempuh yaitu:

  1. Membuat Network kita sendiri, dan bayar blogger untuk menulis artikel di network kita, sementara waktu dapatkan penghasilan dari ketujuh metode diatas.
  2. Bergabung dengan Network lain dan menjadi penulis content.
Jika anda adalah blogger pemula dan anda mengharapkan menghasilkan uang dengan ke delapan metode atau cara diatas sekaligus, saya katakan itu adalah SALAH BESAR.

Saya sarankan mulailah membangun blog anda dari tangga paling bawah. Kesabaran adalah modal utama anda. Jika anda mencoba menggunakan kedelapan cara diatas sekaligus dalam blog anda untuk menunjukkan bahwa anda bisa mengalahkan orang lain, itu hanya membuang-buang waktu saja.

Mulailah dengan metode yang paling umum dan mudah dipakai seperti yang banyak dilakukan orang lain untuk mencari pengalaman. Pengalaman yang anda peroleh sangat berharga sebagai modal dasar untuk mempelajari dan mengembang metode-metode lain diatas.

Sejauh ini Google Adsense masih merupakan metode yang paling banyak dihandalkan oleh pada publisher untuk menghasilkan dollar bagi para blogger.

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed