Apa Itu WAP Site?

Posted by Author 0 comments
WAP SiteWAPsite adalah halaman internet / situs yang ditujukan untuk perangkat Mobile / HandPhone yang memiliki Browser untuk ber-Internet.

Browser pada Perangkat Mobile / HandPhone lebih friendly / mudah untuk mengakses / membuka WAPsite daripada WEBsite, karena WEBsite lebih cocok untuk diakses / dibuka lewat browser pada Personal Computer (PC).

WAP (Wireless Apliccation Protokol) adalah standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA. Ada beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat menampilkan halaman sederhana saja di bandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xhtml dan gambar.

WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooh dan GPRS. WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan dapat di jalankan pada sistem jaringan yang berbeda. Protokol WAP di desain untuk bisa melihat tampilan internet dari wireless client, seperti hand phone, PDA dan lain-lain.

WAP menggunakan bahasan mark-up WML (bukan HTML). Standar WAP didasarkan kepada Internet standar (HTML, XML dan TCP/IP). Ia melakukan pendekatan spesifikasi bahasa WML, spesifikasi WMLScript, dan aplikasi Wireless Telephony Application Interface (WTAI).

WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar handphone, software developer dan organisasi yang lain.WAP Micro Browser. Untuk dapat menyesuaikan dengan terminal yang kecil, WAP menggunakan sebuah Micro Browser. Micro Browser adalah software kecil yang dapat bekerja pada komputer dengan spesifikasi yang sangat rendah, memory yang kecil dan CPU yang lambat. Kita dapat menampilkan informasi yang ditulis dalam bahasa mark-up yang disebut WML. Micro Browser juga mendukung script tambahan yaitu JavaScript yang disebut WMLScript.

WML singkatan dari Wireless Markup Language. Ia merupakan bahasa mark-up keturunan dari HTML, tetapi WML didasarkan kepada XML, jadi ia lebih ketat daripada HTML. WML digunakan untuk membuat halaman yang dapat dilihat pada WAP browser. Halaman dalam WML dikenal dengan istilah DECK. Deck merupakan kumpulan dari beberapa CARD. WML menggunakan WMLScript untuk menyusun kode sederhana untuk dijalankan pada client.

WMLScript merupakan turunan dari bahasa JavaScript. Tetapi, WMLscript tidak tersambung dengan WML page. WML page berisi referensi dari URL script. WML script butuh dikompilasi ke dalam byte code pada server sebelum mereka berjalan pada WAP browser.

Baca juga : Tutorial WAP Site dengan XtGem

Via : wapgue.hexat.com

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed