Bayi Lahir dengan Bobot 8,7 Kg

Posted by Author 0 comments


Seorang bayi laki-laki lahir dengan bobot 8,7 Kg di Sumatera Utara. Dokter setempat mengklaim, kelahiran ini menjadi rekor baru di Indonesia.

Hingga kini, bayi tersebut belum diberi nama. Saat dilahirkan, panjangnya mencapai 62 Cm. Anak keempat dari pasangan Hasanuddin (50) dan Ani (41) yang merupakan warga Kabupaten Batubara ini lahir melalui operasi cesar Senin (21/9) sekitar pukul 10.00 di RSU Abdul Manan Simatupang.

”Bayi yang berat ini membuat proses operasi berlangsung sangat berat, apalagi saat berusaha mengeluarkannya, kakinya sangat besar,” kata dr Binsar Sitanggang, dokter yang menangani kelahiran bayi itu.

Bayi itu lahir dalam kondisi sehat, namun tetap diberi oksigen untuk mengantisipasi munculnya masalah pernafasan. ”Anak itu memiliki nafsu makan besar, hampir setiap menit ingin makan. Tangisnya juga sangat kencang, tidak seperti bayi biasanya,” katanya.

Kini, bayi dirawat di ruang rawat anak kamar nomor 46 di RSU Abdul Manan Simatupang, Kisaran, Asahan. Dokter Kabupaten (Dokabu) Asahan, Erwanto mengatakan, kondisi bayi itu terus mengalami perkembangan positif dan semakin membaik sejak mendapat perawatan 2 hari lalu.

”Setelah lahir, bayi tidak membutuhkan infus atau bantuan oksigen. Kondisinya sehat dan jantungnya normal,” kata Erwanto.

Erwanto juga mengatakan, kondisi kesehatan ibunya juga makin membaik pascapersalinan. Usai melahirkan, berat sang ibu tercatat 110 kilogram.

”Belum pernah menangani bayi lahir seberat ini. Kemungkinan karena berat ibunya setimpal dengan berat bayinya hingga tidak bermasalah saat dalam kandungan,” kata Erwanto.

Rekor MURI untuk bayi terberat di Indonesia adalah 6,9 Kg yang terlahir pada tahun 2007.

Sumber : SM Cetak & MetroTV

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed