Cek Kesehatan dari Kuku Jari

Posted by Author 0 comments
kukuApakah Anda pernah memperhatikan dengan seksama kuku jari Anda? Sebenarnya kuku jari juga dapat mengungkapkan kondisi kesehatan Anda.

Bila kuku jari menonjol ke atas, bercorak busur mengindikasikan kemungkinan adanya gangguan pada jantung dan paru-paru. Jika di bagian atas kuku terdapat bintik-bintik putih, mengindikasikan kemungkinan adanya eksim kering atau basah, hendaknya berhati-hati.

Sekarang julurkan sepasang tangan Anda, periksalah kuku jari Anda dari berbagai sudut pandang, bila bagian tengah kuku jari cekung di bagian tengah, kedua sisinya naik ke atas seperti sendok makan, biasanya berkaitan dengan anemia, acapkali terjadi pada diri kaum hawa.

Dalam hal warna, kuku jari yang memutih mungkin adalah anemia atau hepatocirrhosis (pengerasan hati); merah kecoklatan adalah lemah ginjal (istilah pengobatan tradisional Tiongkok), elektrolit dalam tubuh tidak seimbang; berwarna hitam bila bukan menderita tinea unguium (penyakit kuku yang disebabkan oleh jamur) ada kemungkinan menderita melanoma.

Dalam kitab kuno Zhi Yu (指喻) dikatakan, “meskipun penyakitnya pada kuku jari, sebenarnya sakit pada seluruh tubuh”, dari tempat yang kecil pun dapat terlihat adanya masalah yang besar, sebab itu pada saat senggang sering-seringlah memeriksa kuku jari, siapa tahu dapat ditemukan penyakit secara dini untuk disembuhkan secara dini.

(The Epoch Times/prn)

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed