Kista Payudara

Posted by Author 0 comments
Kista PayudaraKista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Bentuknya kistik dan ada pula yang berbentuk seperti anggur. Kista dapat berisi udara, cairan kental, maupun nanah. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Itu merupakan alasan mengapa tumor jinak relatif mudah diangkat melalui pembedahan dan tidak terlalu membahayakan kesehatan bagi penderitanya.

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista dibedakan menjadi dua macam, yaitu kista non-neoplastik dan kista neoplastik. Kista non-neoplastik bersifat jinak dan biasanya akan mengempis dengan sendirinya setelah dua atau tiga bulan. Sedangkan kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun tetap tergantung pada ukuran dan sifatnya, apakah membahayakan atau tidak.

Kista memang tumor yang jinak, namun 20-30% kista dapat berpotensi menjadi ganas. Keadaan itu ditandai dengan terjadinya pembesaran tumor dalam waktu singkat sehingga memicu tumbuhnya kanker. Hingga kini, kista masih menjadi topik?penelitian yang menarik. Pasalnya, sampai sekarang belum diketahui secara pasti faktor-faktor penyebab tumbuhnya kista dalam tubuh seorang wanita?dan cara pencegahannya pun belum terungkap dengan jelas.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kista?
Cara yang paling efektif untuk mengatasi kista yaitu dengan mengangkat kista melalui operasi. Namun, tindakan pengobatan tersebut hingga kini belum memberikan hasil yang memuaskan. Tindakan operasi pengangkatan kista tidak menjamin kista tidak akan tumbuh kembali nantinyaonion-sigh.gif

Kista Payudara
Rasa sakit dan tidak nyaman bisa disebabkan oleh Kista yang berisi cairan yang tumbuh pada payudara. Kista payudara sebagai reaksi dari surut dan meningkatnya aliran hormon dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun, maka kemungkinan akan tumbuh jaringan berserat mirip bekas luka yang mengikat cairan tubuh dan membentuk kista yang kerasdan dapat berpindah - pindah. Kadangkala kista akan menekan saraf yang ada didekatnya dan membuat peradangan di jaringan sekitarnya yang menyebabkan pembengkakan di bagian itu.

Solusi :
Dokter mungkin akan menyedot cairan yang ada dalam kista menggunakan jarum suntik yang akan mematikan kista. Namun bila cairan tersebut mengandung darah, dan kista tidak hilang atau bila kista pulih kembali dalam sekejap, maka perlu dilakukan biopso untuk mengetahui apakah ada keganasan. Bila ada tanda - tanda keganasan kista harus diangkat melalui operasi.

Menurut Melvin J Siverstein, MD , Direktur Lee Breats Center dari Norris Comprehensive Cancer Center, Los Angeles : ” Biasanya Kista jinak tidak akan tumbuh menjadi kanker. Kista kecil tidak perlu diobati. Kista semacam itu muncul dan menghilang dengan sendirinya. Tetapi Kista besar yang dapat dirasakan kehadirannya, sebaiknya diangkat .”

Alicia Gonzales, ND, dosen Bastyr University, Seattle, menasehatkan untuk mengurangi konsumsi kopi untuk menghambat kista tumbuh kembali. Tentu tidak semua wanita harus mengurangi minum kopi, namun sebagian besar yang menderita kista mengalami penyembuhan setelah mengurangi minum kopi.

Meningkatkan konsumsi :
  • Makanan kaya yodium , seperti kerang - kerangan
  • Satu atau dua sendok makan flaxseed oil .

sumber: info sehat, persada indo

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed