Jenis-Jenis Virus Penyakit

Posted by Author 0 comments
Jenis-Jenis Virus PenyakitVirus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Dalam sel inang, virus merupakan parasit obligat dan di luar inangnya menjadi tak berdaya. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus menyandi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofag atau fag digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).

Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/TMV) - (wikipedia.org)

Anda perlu mengetahui berbagai penyakit yang disebabkan oleh VIRUS.
  1. Virus yang penyebarannya ke seluruh tubuh melalui perantaraan darah

    • Cacar
      Gejala-gejala tubuh yang terkena virus yang mengakibatkan cacar atau poks akan mengalami demam. Kemudian, timbul gelembung-gelembung bernanah di permukaan kulit wajah, tangan, kaki, bahkan di sekujur tubuh.

    • Campak
      Gejala-gejalan tubuh yang terjangkit virus campak mengalami batuk, pilek, demam. Setelah menderita demam, timbul bercak merah pada kulit.

    • Demam berdarah
      Virus penyakit yang mengakibatkan demam berdarah adalah salah satu dari empat serotipe virus yang berbeda antigen yang termasuk kelompok Flavivirus. Serotipenya, yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4.

      Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus ini di antaranya mengalami demam secara tiba-tiba disertai sakit kepala yang hebat, sendi dan otot terasa sakit sekali, terasa nyeri di belakang mata, muntah-muntah, serta denyut nadi melemah.

  2. Virus yang penyebaranya hanya pada organ-organ tertentu

    • Influenza ( saluran pernapasan)
      Gejala-gejala tubuh yang terserang virus penyakit influenza ditandai dengan demam, menggigil, sakit kepala, dan mual-mual.

    • Hepatitis (hati)
      Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus penyakit hepatitis mudah lelah, nafsu makan berkurang, mual, muntah, lemas, stamina menurun, dan sering mengantuk. Sedangkan, untuk penderita hepatitis akut ditandai dengan nyeri ulu hati, dan demam.

      Selain itu, gejala-gejala terjangkit virus penyakit hepatitis pun dapat dilihat secara fisik seperti urin berwarna gelap, feses berwarna putih, kuku, kulit, dan bagian putih mata berwarna kuning, perut bagian atas membesar, dan berat badan semakin menurun.

      Adapun jenis-jenis virus hepatitis di antaranya:

      • virus hepatitis A atau VHA,
      • virus hepatitis B atau VHB,
      • virus hepatitis C atau VHC,
      • virus hepatitis D atau VHD,
      • virus hepatitis E atau VHE,
      • virus hepatitis F atau VHF,
      • virus hepatitis G atau VHG.

    • Konjuctivis (radang pada mata)
      Gejala-gejala mata yang terjangkit virus ini merasa gatal, kelopak mata terasa bengkak, sering mengeluarkan kotoran mata, mata merah dan berair.

    • Polio (syaraf)
      Virus polio terdiri atas tiga strain, yaitu strain 1 (brunhilde), strain 2 (lanzig), dan strain 3 (leon).

      Gejala-gejala tubuh yang terjangkit virus polio ringan: suhu badan panas (tapi suhunya tidak terlalu tinggi), seluruh tubuh terasa nyeri, muntah-muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan mata panas.

      Gejala-gejala tubuh yang terjangkit virus polio akut akan mengalami suhu badan yang sangat tinggi, sakit kepala yang hebat sekali, pundak terasa kaku, otot terasa nyeri tak terkirakan, dan sensitifitas kulit berkurang.

    • Gondong
      Virus penyakit gondong menyebabkan penyakit gondong. Virus ini ditularkan melalui udara. Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus gondong akan mengalami demam.

      Selain itu, saat menelan, mengeluarkan air liur, atau membuka mulut, penderita akan merasa sakit, telinga mendengung, pembengkakan di daerah pipi, tidak enak badan serta sakit kepala.

Bagaimana virus penyakit masuk/menular ke dalam tubuh manusia?

Virus penyakit dapat masuk ke dalam tubuh manusia/menular dengan beragam cara, di antaranya melalui:
  1. makanan
  2. udara
  3. pakaian
  4. minuman
  5. transfusi darah
  6. air
  7. kontak tangan
  8. mulut
  9. tenggorokan
  10. air susu
  11. air liur
  12. Barang-barang yang digunakan
  13. Tempat tinggal

Komentar

Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed