Gejala Awal Stroke

Posted by Author 0 comments
Stroke | Stroke adalah penyumbatan darah secara tiba-tiba ke otak. Kebanyakan stroke terjadi karena tersumbatnya sa-luran arteri yang mengalirkan darah me-nuju otak (stroke ischemic).

Menjelang usia senja, biasanya orang khawatir dengan penyakit berat seperti jantung dan stroke. Tapi bila Anda berjenis kelamin pria, waspadalah, karena kemungkinan penyakit ini akan datang lebih dini.

Selain itu dapat juga disebabkan oleh masuknya darah ke jaringan otak ketika saluran nadi darah terputus/ robek (stroke hemorrhagic). Jika gejala stroke berlangsung pada jangka waktu yang pendek (kurang dari satu jam), disebut stroke kecil atau (transient ischemic atack - TIA).

Stroke merupakan penyebab utama kelumpuhan dan merupakan penyebab kematian nomor tiga di Amerika. Lebih dari 600.000 orang Amerika terserang stroke setiap tahunnya dan 150.000 di antaranya meninggal. Gejala umum stroke adalah kelumpuhan pada wajah, tangan atau kaki, lebih sering kelumpuhan separuh badan.

Beberapa gejala awal stroke adalah:
  1. Mati rasa pada wajah, lengan, atau kaki, terutama pada separuh badan
  2. Kebingungan, sulit berbicara atau memahami pembicaraan.
  3. Kehilangan penglihatan pada satu atau kedua mata
  4. Kesulitan berjalan, pusing, kehilangan koordinasi.
  5. Sakit kepala tanpa sebab yang jelas.
Bila Anda merasa atau menjumpai orang dengan gejala seperti di atas, segera hubungi dokter atau paramedis. Stroke masih dapat disembuhkan bila dikenali sejak dini. Waspadalah, sebab gejala yang timbul kemudian hilang dengan cepat, kemungkinan merupakan gejala awal yang memerlukan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Bila Anda pernah atau sedang menderita penyakit di bawah ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda:

Stroke kecil atau TIA
Tergantung dari penyebab stroke Anda, dokter akan memberikan resep atau melakukan operasi pengangkatan timbunan lemak pada arteri.

Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama bagi penyakit jantung atau stroke. Dokter mungkin akan menyarankan diet atau perubahan pada gaya hidup Anda, atau metode lain untuk menurunkan tekanan darah Anda

Diabetes
Tingginya kadar gula dalam darah juga dapat meningkatkan resiko Anda terkena stroke.

Penyakit jantung
Terutama ketidakteraturan detak jantung (atrial fibrillation), gangguan pada katup jantung, penyumbatan atau serangan jantung. Bila Anda menderita kondisi ini, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Komentar

Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed