Cara berjemur sinar matahari yang baik

Posted by Author 0 comments
Rutin jalan kaki dipagi hari? Ini kebiasaan yang baik. Akan lebih baik lagi bila jalan kaki sambil bagian tubuh tertentu terkena sinar matahari pagi.

Banyak yang beranggapan, karena oestoporosis umumnya terjadi pada tulang punggung, maka bagian tubuh yang terutama perlu dijemur adalah bagian punggung. "Ini salah . Tidak ada manfaatnya, karena punggung tidak memiliki sel untuk menyerap vitamin D," terang Dr. Sadoso Sumosardjuno, SpKO, dokter spesialis olahraga, penggagas Pusat Kesehatan Olahraga (PKO), Jakarta.

Ternyata tidak semua bagian tubuh memiliki kemampuan menyerap vitamin D dari sinar matahari. Bagian tubuh yang memiliki kemampuan ini adalah wajah, leher, tubuh bagian depan (dada dan perut), lengan, tangan dan telapak tangan. Bagian-bagian inilah yang sebaiknya terkena sinar matahari pagi, agar tubuh mendapat cukup vitamin D guna memaksimalkan proses penyerapan kalsium dan pembentukan kolagen tulang. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari risiko osteoporosis (keropos tulang).

Yang perlu diingat, olahraga pagi sebaiknya jangan mengenakan kaos lengan panjang. Bagian tubuh yang disebut diatas sebaiknya terkena sinar mataharilangsung. Itu karena vitamin D dari sinar matahari tidak bisa menembus kain. Bagi wanita berjilbab, bisa mengakalinya dengan cara berjemur dihalaman rumah yang terlindung dari pandangan orangluar. "Cukup berjemur 15 menit sehari," ujar Dr. Sadoso (nid. OTC Digest, Edisi 25 Th III, 9 Sept 2008, hal 8).

Sumber: www.pjnhk.go.id

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed