Rokok Dapat Sebabkan Kanker Kandung Kemih

Posted by Author 0 comments
kanker kandung kemihKanker Kandung Kemih atau Bladder Cancer | Menurut Asosiasi Kanker Amerika (ACS), ada sekitar 53.200 kasus baru kanker kandung kemih tahun ini di Amerika. Dan sekitar 12.200 dari mereka meninggal karena penyakit tersebut.

Penyebab utama terjadi kanker kandung kemih atau dalam bahasa Inggrisnya disebut
bladder cancer adalah rokok, karena zat kimia yang terdapat dalam rokok akan masuk ke dalam aliran darah. Kemudian mengikuti proses penyaringan di ginjal, dan melewati kandung kemih sebelum dikeluarkan melalui urine. Tapi seringkali, zat kimia tersebut tertinggal di dalam kandung kemih, dan merusak sel-selnya. Bila terus bertumpuk, kondisi tersebut akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kandung kemih.

Gejala kanker kandung kemih:
  • Terdapat darah dalam air urine pada saat kencing, hal ini ditandai dengan air urine kemerahan.
  • Timbul rasa sakit atau iritasi disaluran kencing pada saat buang air kencing.
  • Sering kencing atau terasa sering mau kencing tapi tidak mengeluarkan air kencing.
Orang-orang yang bersiko terkena kanker kandung kemih adalah mereka yang bekerja dipabrik karet, kimia, industri kulit, hairdressers, masinis kereta api, pekerja di pabrik besi, percetakan, tukang cat, karyawan pabrik textile dan sopir truk.

Pria mempunyai resiko terkena kanker kandung kemih 3 kali lebih besar dibandingkan dengan wanita. Dan bagi mereka yang mempunyai keturunan atau diantara familinya terdapat penderita kanker kandung kemih juga mempunyai resiko lebih besar terkena kanker kandung kemih.

Blog Stat



Artikel Paling Top

Posting Terbaru

feed